Tips Jantung Sehat - Medicine and Health - Site Catalog - Alumni Sejarah FIS UNNES
Monday, 05.Dec.2016, 2:16 AM
Main » Site Catalog » Medicine and Health

Tips Jantung Sehat
http://tipsku.info/tips-jantung-sehat/ 26.Sep.2011, 10:59 PM
Jantung Merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Karena jantung mempunyai banyak fungsi dan kegunaan bagi tubuh kita. Salah satunya jantung bertugas memompa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tetapi tugasnya sangat berat, karena harus memompakan aliran darah ke seluruh pembuluh darah. Bahkan dalam satu hari harus memompakan aliran darah sebanyak 7000 liter dalam 100.800 kali.

1. Olahraga teratur
Olahraga teratur memberikan suatu manfaat, yaitu mencegah pengurangan massa jantung. Normalnya terjadi saat penuaan. Bhella menjelaskan "Ukuran otot jantung, yang biasanya diukur dengan massa ventrikular kiri mencapai puncaknya pada fase awal kehidupan dan mulai berkurang seiring proses penuaan yang pasif”. Ketika daya kerja otot jantung berkurang seiring dengan usia, jantung akan bertambah lemah. Kemampuan merespon tuntunya juga akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan penebalan jantung dengan meningkatkan proporsi relatif dari connective tissue jika dibandingkan dengan otot jantung.

2. Konsumsi ikan
Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3, protein dan juga nutrisi lainnya. Omega 3 tersebut sangat membantu mengurangi resiko strok dan serangan jantung. The American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsi setidaknya dua kali dalam seminggu lemak omega 3 yang banyak terkandung di dalam ikan, seperti ikan salmon.

3. Hindari Kolesterol tinggi
Sebetulnya kolesterol tidak selamanya buruk bagi kesehatan. Karena sebenarnya dalam kolesterol sendiri adalah sejenis lemak (berwarna putih) yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme dan pembentukan berbagai hormon dan enzim. Namun jika terdapat lemak jenuh inilah yang harus dijaga didalam tubuh kita karena kolesterol yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan terutama merusak pembuluh darah di otak dan jantung.

4. Istirahat yang cukup
Studi di Jepang dari National Cancer Center Tokyo, menyatakan bahwa pria yang sering bekerja lebih dari 60 jam per minggu, dan tidur kurang lebih lima jam memiliki dua kali lipat resiko serangan jantung.

5. Konsumsi serat
Menurut Alice H. Lichtenstein, DSc, salah seorang juru bicara dari American Heart Association mengatakan bahwa "Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang banyak mengandung serat itu berhubungan jelas dengan menurunkan resiko penyakit jantung”. Serat adalah nama untuk jenis karbohidrat tertentu (berasal dari sayuran, tanaman, dan grains) yang tidak bisa dicerna secara penuh oleh tubuh. Serat adalah pengganti yang simple. Orang yang banyak mengkonsumsi serat (yang berasal dari tanaman, tidak mengandung kolesterol, dan rendah kalori) berarti mungkin dia telah memilih makanan yang mengandung lemak lebih sedikit, dan kalori lebih banyak
Transitions: 407 | Added by: alumnisejarah | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *: